Rabu, 12 Januari 2011

Tugas Soft Skill pert5

Business Content Development

Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba membahas menganai business content development (pengembangan bisnis content). Content merupakan isi atau substansi Data atau informasi berupa input dan output dari penyelenggaraan sistem informasi yang disampaikan pada publik. Dalam blog atau website content informasi adalah kontennya sendiri. Karena salah satu kekuatan internet terletak dari informasinya. Tentunya orang-orang akan mencari informasi yang berguna bagi dirinya.

Pada dasarnya semakin banyak konten yang lebih berguna dan menarik maka semakin besar kesempatan untuk lebih sukses bagi blog atau website tersebut. Terlebih lagi jika blog atau website tersebut menambahkan konten yang lebih banyak seperti artikel, tutorial, berita, opini dan apa saja bentuknya secara konstan. Sehingga para pembacanya selalu mengetahui kapan informasi yang mereka butuhkan diterbitkan oleh blog tersebut.

Alangkah baiknya ketika anda sudah memulai blog anda maka pikirkanlah bagaimana membuat konten yang baik dan menarik bagi pembaca anda. Karena blog tanpa konten yang baik dan menarik lambat laun akan kehilangan para pembacanya.

Selain itu hal yang mungkin perlu anda perhatikan juga adalah promosi, Inilah yang nantinya akan membangun audience ataupun komunitas bagi blog anda. Semakin banyak anda membangun audience dan komunitas maka semakin banyak pembaca dan keuntungan yang anda peroleh.

Case Study

Contoh Business Content Development : Amazon

Amazon merupakan salah satu contoh business content development. Amazon sendiri memiliki link :

http://amazon.com

Tampilan WebSite Amazon


Amazon.com merupakan salah satu Toko Online terbesar saat ini. Dimana situs tersebut menjual berbagai macam / jenis produk. Kita ambil contoh salah satunya adalah buku2 yang memungkinkan kita dengan mudah untuk membelinya. Kenapa bisa dikatakan mudah? Karena Amazon.com memberikan berbagai fasilitas yang memudahkan kita untuk memilih buku mana yang harus dibeli.

Toko Buku Amazon.com merupakan sebuah toko buku terbesar di dunia yang menjajakan buku melalui internet. Menyediakan lebih dari 2,5 juta judul buku. Namun yang menarik adalah bahwa kenyataannya hingga tahun 2001, Amazon.com tak memiliki toko secara fisik dan hanya memilki sediaan buku yang sangat sedikit.

Amazon.com didirikan pada tahun 2004 dan pada tahun 2001 diperkirakan telah memiliki 17 juta pelanggan yang tersebar di 160 negara. Kini toko online ini tak hanya melayani penjualan buku, melainkan juga menambah ke CD dan DVD musik, kartu elektronik, peralatan-peralatan elektronik, perangkat keras dan lain-lain. (Sumber Zwas 1998 dan Deitel,2001)

Lalu yang menarik lagi dari Amazon.com adalah menawarkan buku dengan harga yang jauh lebih murah bahkan sampai 50% dari harga pasar. Hal ini dikarenakan mereka berdiri sendiri dalam arti mereka tidak perlu lagi menyewa showroom ya… seperti halnya toko-toko buku konvensional.

http://en.wikipedia.org/wiki/Content_development_%28web%29/

http://id.wikipedia.org/wiki/Amazon.com

http://simkesugm07.wordpress.com/2007/10/04/kisah-sukses-toko-buku-amazoncom/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar