Rabu, 17 November 2010

Tugas Soft Skill pert2

CIM ( Corporate Information Management)

Pengertian CIM

CIM (Corporate Information Management) adalah model informasi umum yang berfungsi menjelaskan / mendeskripsikan suatu sifat dari management yang tidak terikat dengan implementasi tertentu. Informasi tersebut nantinya akan berdampak baik ataupun buruk dalam hal pengambilan keputusan terhadap perusahaan.

Peranan CIM

· Membuat Ide

Seperti yang telah diketahui bahwa ide adalah akar dari semua kegiatan, oleh karena itu ide sangatlah penting untuk memajukan perusahaan. Mulai dari memberikan informasi baru dengan tindakan yang cepat.

· Merencanakan Informasi.

Setelah mendapatkan ide maka direncanakanlah ketetapan informasi yang telah dicapai guna mendapatkan hasil yang diinginkan, misal sebuah perusahaan mendapatkan ide untuk membuat suatu inovasi baru, untuk itu dibutuhkan sebuah perencanaan informasi yang matang agar perusahaan tersebut mengetahui langkah kedepannya.

· Menghilangkan informasi yang berlebihan.

Suatu informasi yang berlebihan dapat menyebabkan perencanaan perusahaan terhambat, oleh karena itu CIM berfungsi memfilter informasi tersebut. Dengan demikian setiap informasi yang masuk kedalam perusahaan adalah yang benar-benar dibutuhkan, sehingga tidak memakan biaya tambahan yang berlebih.

· Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang.

Undang-Undang berkedudukan untuk memperkuat posisi suatu perusahaan. baik dari sisi pemegang saham, atau client perusahaan tersebut, dll.

· Meningkatkan laba perusahaan

CIM memastikan bahwa setiap potensi sumber daya teknologi informasi adalah sepenuhnya dieksploitasi oleh bisnis. Seperti yang diketahui bahwa pengembalian investasi menunjukkan peningkatan jumlah pendapatan yang dihasilkan, penurunan biaya teknologi informasi dan pengurangan risiko bisnis.

Penggunaan CIM dalam perusahaan

Contoh penggunaan CIM dalam perusahaan , yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK), yang merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.


referensi :
http://zongvoc.wordpress.com/2010/11/01/cim-corporate-information-management/

http://crystalforest.wordpress.com/2010/11/01/mengenal-corporate-information-management/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar