Senin, 18 Oktober 2010

Tugas Soft Skill pert 1

E-COMMERCE

Apa itu E-Commerce?

E-commerce adalah suatu penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. E-commerce dapat melibatkan transfer data elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Contoh Website E-Commerca : Tokobagus

Toko bagus merupakan salah satu contoh website e-commerce. Toko bagus sendiri memilik link :

http://tokobagus.com

Tampilan website tokobagus

Pada website tokobagus ini tersedia berbagai macam katalog barang yang dapat dipesan secara online bagi siapapun yang membutuhkan.

Review Tools

Jika dilihat secara seksama dari segi pembuatan templatenya saya menyimpulkan bahwa website ini dibuat / dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP. Untuk memuat konten iklan yang ditampilkan pada website ini menggunakan macromedia flash. Dengan harapan agar tampilan iklan pada website ini terlihat menjadi lebih menarik.

Success Story

Setelah sukses mnggondol predikat sebagai portal e-commerce paling favorit di Indonesia, Tokobagus.com, situs jual beli online, kembali mendapatkan kejutan, yakni masuk dalam nominasi Top 50 Applications se-Asia.

Asia ís Top 50 Apps sendiri merupakan ajang kompetisi website dan mobile aplikasi yang digelar dengan tujuan mencari situs paling kreatif se-Asia dalam hal inovasi teknologi, bisnis dan desain. Dan Tokobagus.com berhasil menjadi salah nominator mengalahkan situs-situs sejenis lainnya.

Remco Lupker, direktur Tokobagus.com, dalam siaran persnya, kemarin, menilai prestasi ini tak lepas dari kepercayaan masyarakat terhadap situs jual beli yang telah beroperasi sejak lima tahun lalu di Bali .

Arnold Sebastian Egg, juga direktur Tokobagus.com, menambahkan capaian itu antara lain juga sukses kampanyenya melalui Facebook Fanpages.

Pihaknya menggalang suara agar masuk 50 besar. ’’Pemilihan dinilai dari perolehan suara terbanyak lewat voting,’’ katanya. Posisi 10 besar akan diumumkan September mendatang.

Payment Gateway

Alat pembayaran yang digunakan untuk membeli barang di tokobagus berupa credit card, contohnya yaitu VISA Master Card. Pembayaran dilakukan dengan tunai.

Security

Website ini menerapkan sistem keamanan berupa verifikasi dalam bentuk kode sandi acak (captcha) untuk melindungi pembayaran serta akun-akun member dari tokobagus terhadap serangan dari para hacker.



Referensi :

http://tokobagus.com

http://id.wikipedia.com (kata kunci : E-Commerce)

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/08/28/121989/Tokobagus.com-Masuk-Nominasi-Asia-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar